Rabu, 01 Agustus 2007

Premiere task

Perkembangan radio :
Pada zaman dulu,sebagian besar penggunaan awal radio adalah maritim, untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima di 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada 1912, termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat mendaftar yang terselamatkan.
Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Empat belas Pokok Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.
Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran, siaran titik-ke-titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an.
Penggunaan radio dalam masa sebelum perang adalah pengembangan pendeteksian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar.
รจ radio lama merk Truetone

Truetone Model Dc3270
Radio model ini digunakan dari tahun 1962 dan diproduksi oleh Amerika.

Seiring dengan perkembangannya, dengan adanya tuntutan masyarakat saat ini yang lebih menekankan pada hal yang praktis, maka radio tidak hanya dapat dinikmati ketika kita memiliki pesawat radio saja, tetapi dimanapun kita dapat menggunakan fasilitas radio, misalnya melalui HP dan internet.
Untuk radio internet juga dibentuk suatu forum yang bernama Forum WebRadio Dakwah,yaitu forum antar pengelola radio Internet (WebRadio) yang merupakan media dakwa islam dan silaturahmi antara masyarakat muslim di seluruh dunia. Radio-radio yang tergabung dalam forum ini saling bekerja sama di dalam program penyiaran live, salah satunya yang aktif hingga saat ini yaitu menyiarkan relay live seluruh acara KH. Abdullah Gymnastiar baik di radio maupun di televisi.
Dalam dunia internet, streaming yaitu mengkompresi ukuran file menjadi bagian-bagian kecil agar mudah ditransmisikan melalui jaringan internet. Penggunaan teknologi streaming pada Internet broadcasting ini memungkinkan sebuah stasiun radio atau televisi melakukan siarannya menggunakan jalur Internet. Sebenarnya ada dua jenis layanan yang dapat disuguhkan oleh Internet broadcasting ini, yaitu on-demand dan live. Untuk yang on-demand, biasanya adalah broadcasting yang menyiarkan file media yang telah direkam sebelumnya. Untuk stasiun radio yang on-demand misalnya siaran radio BBC edisi bahasa Indonesia yang dapat didengar di situs http://www.bbc.co.uk/indonesian.

Kelebihan dari radio internet :
1. Internet Radio memungkinkan kita mencari dan memilih siaran berdasarkan karakteristik negara, bahasa yang digunakan, jenis radio, dsb dengan cepat dan sesuai dengan yang kita inginkan. Kita dapat menyimpannya dalam bookmark atau shortlist, dan tinggal meng-klik untuk memutarnya. Komputer membantu kita mengelola bookmark dan shortlist kita.

2. Radio konvensional memiliki keterbatasan geografis. Siaran yang disajikan hanya dapat dinikmati dalam wilayah yang kecil, baik kecamatan maupun kabupaten/kotamadya. Ini berbeda dengan radio internet yang begitu kita broadcast, seluruh dunia akan mendengarkan siaran kita, tak peduli kita ada di sebuah rumah mungil yang terletak di Ujung Aspal, Pondok Gede, maupun yang ada di pusat kota Jakarta

3. Investasi relatif lebih murah, baik investasi awal, operasional maupun maintenace

4. Kualitas suara yang tidak kalah dengan kualitas suara pada radio konvensionalSetting hardware/alat maupun software lebih mudah dan sederhana

5. Tidak memerlukan ijin khusus untuk membuatnya
Perkembangan komunikasi jarak jauh
Pada jaman dulu, sebelum adanya perkembangan di bidang internet, setiap orang yang berkomunikasi jarak jauh akan menggunakan surat sebagai media perantara. Dengan menggunakan surat itu, terdapat beberapa kesulitan yaitu diantaranya waktu pengiriman yang lama, penyampaian informasi yang tidak jelas, kertas yang mudak robek, atau bahkan surat yang tidak sampai ke responden sehingga terjadi pemutusan komunikasi. Karena surat dianggap menyulitkan masyarakat untuk berkomunikasi, maka ditemukanlah teknologi yang baru yaitu komunikasi bertatap muka melalui internet.
Perkembangan teknologi memungkinkan orang dapat berkomunikasi sambil melihat lawan bicaranya. Salah satu perangkat yang membantu hal tersebut adalah webcam. Dengan webcam, seseorang bisa berkomunikasi (chatting) sambil melihat lawan chattingnya. Webcam adalah kamera-kamera kecil yang dapat dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita. webcam dapat membantu kita untuk tetap merasa dekat, bahkan lebih langsung dan cepat dari komunikasi dengan kata-kata.
Dengan perkembangan yang semakin pesat, kita juga dapat melakukan email video, yaitu rekam suara bersama dengan video, kemudian tambahkan musik atau komentar pada pesan, dan kirimkan dalam sebuah email. Dengan beberapa perangkat lunak webcam, kita dapat mengirimkan sebuah klip video atau gambar sebagai sebuah email langsung dari program yang kita gunakan untuk merekam gambar-gambar tersebut. Penerima dapat melihatnya dengan menggunakan salah satu program multimedia yang biasanya telah tersedia pada kebanyakan komputer.
Gambar-gambar dan klip-klip yang terekam dengan menggunakan webcam dapat diputar dengan menggunakan kebanyakan perangkat lunak untuk presentasi, termasuk Microsoft PowerPoint.


Games
Generasi pertama dari games muncul pada tahun 1966 di Amerika. Games pada awal mulanya dipelopori oleh para mahasiswa yang memanfaatkan fasilitas teknologi informasi di kampusnya. Dahulu, games yang ada masih sangat sederhana yang diinstalasi di pesawat televisi. Resolusi warna yang ditampilkan sangat sederhana dan kurang menarik, dengan kata lain sisi grafisnya masih sangat sederhana. Pada generasi selanjutnya, perkembangan games berlangsung sangat cepat walaupun sempat mengalami masa keterpurukan . Pada tahun 1984, games telah memasuki era 8 bit. Salah satu yang mengalami kesuksesan pada era 8 bit ini adalah Nintendo Entertainment System (NES) / Family Computer. Game-game tersebut antara lain Super Mario Bros, Donkey Kong, Metroid, dan lain-lain.

Games di masa kini memungkinkan player dapat bermain secara online dan multi player (bermain dalam waktu yang bersamaan pada tempat yang berbeda). Resolusi gambarnya telah berkembang menjadi 3 dimensi. Gambar dalam bentuk 3 dimensi ini maksudnya bahwa gambar tersebut memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Hal ini menimbulkan citraan yang sangat mirip dengan kondisi aslinya (baik kondisi karakter ataupun lingkungannya) – lebih realistis. Bahkan sudah ada teknologi yang men-scan muka si player dan mengimplementasikan kedalam karakter.

Sekarang, perkembangan games telah memasuki generasi ke tujuh. Nintendo lah yang mengeluarkan konsol generasi ini. Mereka menamainya dengan Mario Strikers Charged. Yang paling membedakan pada generasi ini adalah dari sisi grafisnya yang lebih realistis daripada versi sebelumnya.


Wireless

Penggunaan internet pada mulannya harus menggunakan kabel-kabel yang disambungkan pada komputer atau laptop ke sambungan telepon. Dalam perkembangannya apabila seseorang ingin mengakses internet, mereka tidak harus menyambungkan kabel ke komputer atau laptop, melainkan bisa menggunakan fasilitas wi-fi, wireless, bluetooth, hot spot, 3G (media untuk mengakses internet tanpa kabel). Akan tetapi daya yang digunakan juga harus di sesuaikan, harus ada cadangan power jika terjadi hujan dan redaman atmosfer. Cadangan power untuk mengantisipasi redaman disebut Fading Margin. Perhitungan daya yg dibutuhkan antara 2 titik dengan jarak tertentu disebut Link Budge



Touch Screen
Sebelum adannya fitur touch screen atau touch panels atau touch screen panels kita untuk memilih fitur dalam komputer dan laptop kita masih menggunakan bantuan mouse. Akan tetapi dalam perkembangannya komputer dan laptop tidak lagi memerlukan mouse untuk memilih fitur, kita tinggal menyentuh dan menekan fitur yang kita inginkan pada layar. Tidak hanya dalam laptop dan komputer, akan tetapi touch screen juga sudah berkembang ke beberapa alat-alat elektronik seperti, mesin cuci, handphone, dll



Online service
Dahulu kala, misalkan ada konser penyanyi, kita harus pergi membeli ticket ke ticket box di daerah yang disediakan, akan tetapi sekarang, dengan adannya Online service, para pemesan tiket, sudah tidak perlu lagi pergi. Mereka tinggal memesan ticket lewat internet. Tinggal mengikuti prosedur, memilih tempat duduk mana dan memasukan nomor rekening, secara otomatis ticket akan sudah terpesan.

Karena adannya online service ini, memudahkan para pemesan ticket untuk mendapatkan ticket konser penyanyi yang diinginkan dan tidak memakan waktu untuk mengantri di stadion atau repot mengambil ticket di ticket box.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wah!sungguh informatif!

Anonim mengatakan...

i like your blog!